14 Oktober 2016

Bahaya cabut bulu hidung



Setiap orang tentunya mempunyai bulu hidung, yakni sekumpulan rambut-rambut halus yang ada di dalam lubang hidung. Meski letaknya di dalam lubang hidung, terkadang ada beberapa helai bulu hidung yang tumbuh panjang hingga keluar dari lubang hidung. Dan untuk mengatasi masalah tersebut jarang sebagian orang mungkin mempunyai kebiasaan mencabut bulu hidung.

Namun pernahkah disedari, bahwa sebenarnya kebiasaan itu dan boleh merugikan. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sebaiknya tidak mencabut bulu hidung.

Ketika bulu hidung dicabut maka akarnya yang secara otomatik ditarik paksa akan ikut tercabut dan menimbulkan luka. Meskipun luka itu kecil, namun berpotensi menyebabkan bisul atau sakit yang berpanjangan. Bahkan jika luka tersebut mengalami infeksi, maka ada risiko terjadi peradangan yang membahayakan.

Mungkin belum semua orang tahu, sebenarnya bulu hidung memiliki fungsi yang sangat penting, iaitu untuk menapis berbagai macam kotoran yang hendak masuk ke dalam hidung. Bila bulu itu dicabut, maka jelas akan mengganggu fungsinya. Lihat saja, ketika seseorang sedang berada di tempat berdebu, biasanya sering kali ingin bersin. Itulah saat dimana bulu hidung yang mengesan adanya kotoran lalu menyebabkan bersin. Jika tanpa bulu hidung, maka debu akan terus masuk ke saluran pernafasan yang tentunya membahayakan.

Jadi, jika  tumbuh panjang hingga keluar dari lubang hidung maka sebaiknya tidak mencabutnya melainkan cukup dengan memotongnya dengan gunting. Pun demikian, hindari memotongnya secara berlebihan agar tidak mengganggu fungsinya sebagai penapis kotoran.

Previous Post
Next Post

post written by:

Kurus dengan mudah dan sihat. 

Agent Sah Medina Desire. 

3 ulasan: